CERDAS BERDEMOKRASI DI ERA SOSIAL MEDIA BAGI PEMILIH PEMULA MAN 1 SLEMAN

Rabu, 26 Juli 2017

Demokrasi di era keterbukaan sosial media saat ini memiliki tantangan tersendiri. Berita dan informasi sangat cepat dan mudah diperoleh melalui genggaman tangan. Padahal berita dan informasi tersebut belum tentu 100% kebenarannya. Oleh karena itu dibutuhkan kecerdasan, kecerdikan, kekritisan dan kebijakan dalam mempergunakan sosial media, khususnya tentang berita dan informasi mengenai kepemiluan dan demokrasi.

 

Langkah KPU Kabupaten Sleman bersama MAN 1 Sleman dalam upaya mensikapi dahsyatnya pengaruh sosial media terhadap pemilih pemula khususnya bagi siswa siswi MAN 1 Sleman terutama menjelang pemilu dilakukan dengan mengadakan diskusi yang dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Juli 2017, bertempat di Aula MAN 1 Sleman, pukul 07.00 – 08.45 WIB dengan tema “ DEMOKRASI DI ERA SOSIAL MEDIA”. Ahmad Sidqi Ketua KPU Kabupaten Sleman selaku nara sumber dalam diskusi tersebut  menyampaikan bahwa pesan atau berita yang diterima melalui media sosial  perlu di cross-chek, chek dan re-check kebenaran dan validitasnya.  Menanyakan kepada ahlinya merupakan langkah yang tepat apabila siswa masih bingung dalam menerima dan mencari informasi tentang kepemiluan dan demokrasi, khususnya menjelang pemilu. Dalam kesempatan tersebut disampaikan pula langkah menjadi pemilih cerdas, rasional dan bertanggung jawab.

 

Turut hadir dalam kegiatan diskusi ini Komisioner KPU Kabupaten Sleman Indah Sri Wulandari, M.Sc., Kasubbag Teknis Yuyud Frutama, S.E., MM.,  dan Staf Keuangan, Umum dan Logistik Al Rohmi Laely, S.E., Kegiatan diskusi yang diikuti 172 siswa kelas 12  dari seluruh jurusan ini, didampingi Dra. Isnurwati dan Ulin Nafis, S.Pd selaku Guru Mata Pelajaran PKn serta Drs. Edy Suparyanto, MA selaku Wakaur Humas mewakili Kepala Madrasah.  Selain penyampaian materi, dalam diskusi ini dilakukan pula tanya jawab. Setidaknya 5 siswa aktif menyampaikan pendapat dan pertanyaan. Tak lupa souvenir cantik dari KPU Kabupaten Sleman diberikan kepada siswa yang aktif dalam diskusi.(iwud)

Bagikan via media sosial