SOSIALISASI PEMILU DAN PENDIDIKAN PEMILIH DI DAERAH RAWAN BENCANA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMILU SERTA PARTISIPASI PEMILIH

Jumat, 25 Agustus 2017

Kelompok di daerah rawan bencana merupakan salah satu segmen yang menjadi sasaran strategis KPU Kabupaten Sleman dalam melaksanakan program Sosialisasi Pemilu dan Pendidikan Pemilih. Berbagai kemungkinan yang terjadi misalnya bencana yang menyebabkan terhambatnya pelaksanaan pemilu atau bahkan mengakibatkan hasil pemungutan suara tidak dapat digunakan atau penghitungan suara tidak dapat dilakukan perlu diantisipasi sedini mungkin. Masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencanapun perlu diberikan sosialisasi pemilu dan pendidikan pemilih sehingga mereka paham dan siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi dalam pelaksanaan pemilu, menyiapkan mereka menjadi pemilih yang cerdas, rasional dan bertanggung jawab serta diharapkan pula turut  aktif sebagai penyelenggara pemilu yang berintegritas, transparan dan profesional.

 

Menyikapi kebutuhan kesiapan masyarakat di daerah rawan bencana dalam menghadapi pelaksanaan pemilu, maka pada hari  Jum’at, 25 Agustus 2017, Rumah Pintar Pemilu Sleman melaksaanakan program Sosialisasi Pemilu dan Pendidikan Pemilih di Daerah Rawan Bencana Kecamatan Cangkringan yang bertepatan dengan pertemuan rutin PKK Kecamatan Cangkringan. Acara yang digelar di Aula Kecamatan Cangkringan Sleman ini  menghadirkan  nara sumber Haryanta selaku Ketua Divisi teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Sleman dan dihadiri kurang lebih 60 pengurus serta anggota PKK Kecamatan Cangkringan.  

 

Materi tentang UU Nomor 7 Tahun 2017, pemilu serentak 2019, verifikasi partai politik, Program Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, publikasi Rumah Pintar Pemilu Sleman, publikasi pelayanan PPID KPU Kabupaten Sleman dan  tata cara melaksanakan pemungutan suara/memberikan suara (mencoblos) pada surat suara sehingga surat suara dikategorikan sebagai surat suara yang sah menjadi bahasan utama dalam kegiatan sosialisasi pemilu dan pendidikan pemilih di Kecamatan Cangkringan ini. Meningkatnya kualitas pemilu serta partisipasi pemilih di daerah rawan bencana Kecamatan Cangkringan diharapkan terwujud dengan kesadaran bahwa kesuksesan langkah ini merupakan kerja bersama.(iwud)

Bagikan via media sosial