MENGUPAS “UU NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILIHAN UMUM” DI SMAN 1 PAKEM SLEMAN

Sabut, 09 September 2017

Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum telah diundangkan pada tanggal 16 Agustus 2017. Sebagai undang-undang yang menjadi pedoman pelaksanaan pemilihan umum di Indonesia, maka sosialisasinya perlu diintensifkan di berbagai segmen masyarakat sehingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan lebih lancar dan berkualitas. Dengan pemahaman yang cukup oleh masyarakat tentang pedoman pelaksanaan pemilihan umum maka diharapkan pula mereka menjadi pemilih yang cerdas, rasional dan bertanggung jawab serta terpilihnya pemimpin dan wakil rakyat yang amanah.

 

Tepat sasaran kiranya bila dalam diskusi rutin bulanan bagi siswa siswi SMA SMK MA Kabupaten Sleman yang diselenggarakan di SMAN 1 Pakem  Sleman mengambil tema tentang “Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum”. Tema ini sangat mengena karena pemilih pemula khususnya siswa siswi di SMAN 1 Pakem sangat rentan dimobilisasi saat pelaksanaan pemilihan umum dan mereka membutuhkan bekal untuk pada saatnya nanti menggunakan hak pilihnya. Acara diskusi yang terselenggara pada hari Kamis, 9 September 2017, pukul 09.00 – 11.00 WIB ini diikuti 150 peserta dengan menampilkan nara sumber  Aswino Wardhana, S.IP., selaku Ketua Divisi Keuangan, Umum dan Logistik KPU Kabupaten Sleman. 

 

Turut serta dalam acara diskusi ini  Indah Sri Wulandari, M.Sc., selaku Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Sleman dan Yuyud Frutama, M.M., selaku Kasubbag Teknis Penyelenggaraan dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Sleman. Hadir pula Kepala Sekolah  SMAN 1 Pakem Sleman beserta guru PKn SMAN 1 Pakem mendampingi sampai selesainya acara tersebut.

 

Pertanyaan tentang bagaimana mengetahui adanya golput dan mengantisipasi golput, bagaimana memilih pemimpin dan wakil rakyat yang baik, bagaimana menolak politik uang, bagaimana proses pendataan pemilih,  mengapa baru sekarang penyandang disabilitas diperhatikan dalam undang-undang pemilihan umum serta apakah ada sanksi bagi peserta pemilu yang melanggar ketentuan perundang-undangan yang ada mengemuka dalam sesi tanya jawab. Optimisme tetap terjaga melihat antusias dan begitu bersemangatnya pemilih pemula SMAN 1 Pakem menyongsong pemilu serentak 2019. Tinggal langkah nyata untuk seirama dan senada  mendendangkan alunan gerak langkah dalam transparasi, profesionalitas dan integritas untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas.(iwud)

Bagikan via media sosial