KPU KABUPATEN BANGKA KUNJUNGI RUMAH PINTAR PEMILU SLEMAN

Rabu, 06 September 2017

KPU Kabupaten Bangka yang dalam waktu dekat akan menyelenggarakan PILKADA serentak dan mempersiapkan pendirian Rumah Pintar Pemilu merasa perlu untuk menggali pengalaman dari KPU daerah lain dalam hal pelaksanaan PILKADA dan pendirian Rumah Pintar Pemilu.

Dengan belajar pengalaman dari KPU daerah lain yang telah melaksanakan PILKADA serentak dan telah mendirikan Rumah Pintar Pemilu  maka diharapkan pelaksanaan pemilu di Kabupaten Bangka dapat berjalan dengan lancar dan berkualitas serta pendirian Rumah Pintar Pemilu dapat terwujud. Berdasarkan hal tersebut, maka KPU Kabupaten Bangka melaksanakan kunjungan kerja ke Rumah Pintar Pemilu Sleman pada hari Rabu, 6 September 2017, pukul 13.30 – 15.00 WIB.

 

Kegiatan yang diikuti kurang lebih 21 orang personil KPU Kabupaten Bangka ini memfokuskan pembahasan pada bagaimana pengalaman KPU Kabupaten Sleman mengelola anggaran untuk PILKADA,  pelaporan anggaran PILKADA, pemutakhiran data pemilih, sosialisasi PILKADA dan pendirian Rumah Pintar Pemilu.

 

Ketua KPU Kabupaten Bangka selaku ketua rombongan beserta jajaran sekretariat menyampaikan beberapa kendala yang terjadi pada pemilu terakhir di Kabupaten Bangka tentang pengelolaan data pada SIDALIH yang belum sinkron, pelaporan anggaran oleh panitia ad hoc yang kurang lancar dan tingkat partisipasi pemilih yang masih di bawah target nasional. Upaya-upaya dan strategi yang dilakukan KPU Sleman dalam menghadapi kendala yang hampir sama terjadi di KPU Kabupaten Bangka tersebut menjadi media berbagi pengalaman antara kedua penyelenggara pemilu ini. Bagaimana pendirian dan pengelolaan Rumah Pintar Pemilu pun menjadi bahasan utama dalam diskusi yang terjalin. Kunjungan kerja ini diakhiri dengan tukar menukar cindera mata dan berkeliling di selasar kantor KPU Kabupaten Sleman sambil melihat, mengamati dan mencermati alat peraga pendidikan pemilih di Rumah Pintar Pemilu Sleman.(iwud)

 

Bagikan via media sosial