Sosialisasi dan Bimtek Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik

Senins, 02 2017

Pada hari ini bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2017 telah terlaksana kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019 di Hotel Alana Sleman Yogyakarta.

 

Dihadiri oleh pengurus maupun perwakilan dari  partai politik calon peserta  pemilu Tahun 2019 baik partai politik (parpol) yang sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dan mengikuti konstetasi politik di Tahun 2014 ataupun  partai politik baru yang sama sekali belum pernah ikut pemilihan umum, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman, Dan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sleman.

 

Dalam sambutannya Ketua KPU Kabupaten Sleman Bapak Ahmad Shidqi, S.Th.I.,M.Hum menyampaikan bahwa adanya kegiatan sosialisasi dan bimtek ini untuk memberi penjelasan kepada parpol tentang alur kerja pendaftaran penelitian administrasi dan verifikasi faktual pemilu serentak tahun 2019. Sebagai bentuk pelayanan berkaitan dengan hak politik parpol peserta pemilu apabila ada hal-hal yang belum dipahami dan mau ditanyakan berkaitan dengan mekanisme pendaftaran maupun verifikasi parpol silakan mendatangi help desk KPU Kabupaten Sleman.

 

Materi disampaikan oleh Ibu Siti Ghaniyatun, SH dari KPU DIY dan sebagai moderator Bapak  Imanda Yulianto, S.Sos. Dijelaskan tentang mekanisme pendaftaran partai politik kemudian syarat apa saja yang harus dipenuhi oleh parpol, penelitian administrasi,verifikasi faktual dan juga metode verifikasi faktual. Selain itu juga diterangkan tentang apa itu Sistem Informasi Politik (Sipol) siapa saja yang bisa mengakses dan apa saja yang perlu diinput.

 

Antusias peserta terlihat pada sesi tanya jawab.  Di penghujung acara ditutup oleh Bapak Ahmad Shidqi dengan harapan 2 tahun ke depan dinamika hubungan antara penyelenggara pemilu dengan peserta pemilu dapat terjalin dengan baik.

Bagikan via media sosial