Konsolidasi Nasional Program Peningkatan Partisipasi Masyarakat Tahun 2017

Minggu, 08 2017

Merbabu 19 - Daerah Istimewa Yogyakarta didaulat menjadi tuan rumah Konsolidasi Nasional Program Peningkatan Partisipasi Masyarakat Tahun 2017 dengan peserta Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU provinsi se Indonesia dan KPU kabupaten/kota se DIY. Kegiatan yang terselenggara pada hari Kamis-Sabtu, 5 – 7 Oktober  2017 ini bertempat di Hotel Grand Mercure Jalan Laksda Adi Sucipto Nomor 80 Catur Tunggal Depok Sleman.  

Bapak Arif Budiman selaku Ketua KPU berkenan membuka acara konsolidasi nasional ini dengan didampingi anggota KPU Ibu Evi Novida Ginting dan Bapak Wahyu Setiawan. Turut pula hadir dalam acara pembukaan tersebut Anggota Komisi II DPR RI  yang sekaligus  membawakan materi Strategi Peningkatan Partisipasi Masyarakat Menyongsong Pemilu Tahun 2019. Di hari kedua disampaikan pengarahan  tentang Program Pendidikan Pemilih Berbasis Keluarga oleh Bapak Wahyu Setiawan dilanjutkan dengan mengunjungi lokasi untuk implementasi Kegiatan  Pendidikan Pemilih Berbasis Keluarga yang terbagi dalam tiga kelompok dan diikuti oleh seluruh peserta anggota KPU provinsi, sedangkan pengelola aplikasi SIPARMAS tetap tinggal di tempat pelaksanaan acara untuk membahas Aplikasi SIPARMAS. Pembagian kelompok peserta Konsolidasi Nasional meliputi kelompok pertama mengunjungi Kelurahan Pandeyan Kota Yogyakarta, kelompok kedua di RT 43/RW 12 Kadipaten Kota Yogyakarta, dan kelompok ketiga mengunjungi Desa Melek Politik Desa  Sendangsari Minggir Sleman. Pada hari ketiga dilaksanakan kegiatan Studi Wisata Pendidikan Pemilih di titik nol kilometer DIY.

Kegiatan kunjungan kelompok peserta Konsolidasi Nasional ke forum rembug warga merupakan bagian dari upaya KPU untuk mengetahui efektifitas forum warga sebagai salah satu metode Program Pendidikan Pemilih Berbasis Keluarga selain metode “door to door”. Dengan melihat, mengamati dan menganalisis kegiatan rembug warga diharapkan peserta konsolidasi nasional dapat mengambil pembelajaran dari setiap daerah yang dikunjungi dalam menerapkan forum warga sebagai metode dalam pendidikan pemilih kepada masyarakat. Materi, informasi dan pengetahuan yang diperoleh dalam kegiatan konsolidasi nasional ini diharapkan pula menjadi bekal untuk disampaikan kepada seluruh masyarakat di lingkungan daerah dimana peserta berasal serta menjadi panduan dalam melaksanakan program Peningkatan Partisipasi Masyarakat  khususnya untuk pemilu 2019 yang lebih berkualitas.(iwud)

 

Bagikan via media sosial