Cerdas Pemilu dan Demokrasi Bersama Penyuluh Agama Islam Fungsional Se-Kabupaten Sleman

Selasa, 10 2017

Merbabu 19 - Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) di lingkungan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sleman merupakan penggerak dan pemberdaya masyarakat pada segmen keagamaan yang keberadaannya sangat penting untuk ikut andil mewujudkan dan mensukseskan  pemilu dan demokrasi yang aman, damai, tertib dan lancar khususnya di Kabupaten Sleman. Melalui PAIF masyarakat digerakkan dan diberdayakan dalam kepemiluan dan demokrasi dengan sentuhan keagamaan. Langkah untuk mengajak PAIF  dalam turut serta melaksanakan sosialisasi pemilu dan pendidikan pemilih kiranya sangat tepat, karena masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten sleman adalah masyarakat yang religius sehingga penyampaian materi, informasi dan pengetahuan tentang pemilu dan demokrasi melalui sentuhan keagamaan oleh penyuluh agama menjadi efektif.

KPU Kabupaten Sleman melalui Rumah Pintar Pemilu Sleman menjalin kerja sama dengan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sleman dengan melakukan kegiatan sosialisasi pemilu dan pendidikan pemilih kepada PAIF di Kabupaten Sleman pada hari Selasa, 10 Oktober 2017, bertempat di Pondok Selaras Caturtunggal Depok Sleman. Kegiatan yang diikuti kurang lebih 50 PAIF di lingkungan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sleman ini menghadirkan nara sumber Indah Sri Wulandari, selaku Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Sleman dengan tema UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Turut pula mendampingi El Rohmi Laely dari Sekretariat KPU Kabupaten Sleman.

Pembahasan tentang pentingnya peran penyuluh agama dan bentuk partisipasi mereka dalam mensukseskan pemilu serentak 2019, UU Pemilihan Umum, sistem pemilu, tahapan pemilu, dan program pendidikan pemilih berbasis keluarga tertuang dalam penyampaian materi. Hal-hal baru yang ada di UU nomor 7 tahun 2017 menjadi bahan ulasan dalam rangkaian diskusi. Permohonan dari PAIF untuk pendistribusian bahan sosialisasi pemilu serentak 2019 kepada mereka seperti video, flyer, leaflet, pamlet dan poster untuk disampaikan kepada masyarakat menjadi pekerjaan rumah bagi KPU Sleman diwaktu selanjutnya. Ajakan untuk mensukseskan bersama gelaran pemilu serentak 2019 disambut dengan hangat oleh PAIF. Sentuhan PAIF kepada segmen keagamaan membuka wacana baru dalam sosialisasi dan pendidikan pemilih, bahwa KPU Sleman tidak sendirian menjaga hak pilih masyarakat. Ada PAIF yang siap menyingsingkan baju untuk turut serta mewujudkan pemilu dan demokrasi yang berkualitas khususnya di Kabupaten Sleman. (iwud)

 

Bagikan via media sosial