KPU KABUPATEN SLEMAN MENGADAKAN SOSIALISASI DAN PENDIDIKAN PEMILIH DALAM RANGKA “KPU SLEMAN GOES TO SCHOOL” BERSAMA SMK PENERBANGAN AAG SLEMAN

Rabu, 14 Maret 2018

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sleman  selaku penyelenggara pemilu serentak tahun 2019, melakukan sosialisasi tentang aturan dan tahapan pemilu kepada para pemilih pemula. Pemilih pemula di Indonesia pada umumnya masih pelajar dan mahasiswa sehingga problem yang terjalin bersama pemilih muda harus dipandang lebih penting,  karena mereka yang dianggap paling rentan terhadap pengaruh-pengaruh negatif, untuk itu mereka perlu pendekatan yang lebih nyata melalui program dan sosialisasi pendidikan pemilih yang langsung menyentuh kepada kalangan pemilih pemula. Sasaran sosialisasi kepada pemilih pemula terutama para siswa SMA dan SMK yang memasuki usia 17 tahun di Kabupaten Sleman . Diharapkan dengan sosialisasi ini, pemilih pemula bisa mengerti dan paham sehingga mereka bisa berpartisipasi menggunakan haknya pada Pemilihan umum serentak nanti.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sleman mengadakan agenda sosialisasi yang dilakukan di sekolah-sekolah dalam rangka “KPU SLEMAN GOES TO SCHOOL”. KPU berkewajiban memberikan pemahaman soal mekanisme dan tahapan Pemilu sehingga para pemilih pemula mengetahui hak-haknya. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sleman mengadakan Sosialisasi dan pendidikan pemilih di SMK Penerbangan AAG Sleman yang berlangsung pada (14/3) di Aula pertemuan SMK Penerbangan AAG Sleman, secara terpisah perwakilan dari pihak SMK Penerbangan AAG Sleman mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sleman yang datang memberikan sosialisasi mengenai tahapan pemilu kepada siswa-siswanya. Para siswa begitu antusias menanyakan semua tahapan termasuk aspek hukum jika tidak mengikuti pelaksanaan Pemilu.

Indah Sri Wulandari selaku Ketua Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sleman bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini. Turut  pula mendampingi Rahmat Purwono, Dian Tri Suryawati, Daiqun Bishoum dan Yoseph Setyawan dari jajaran Sekretariat KPU Kabupaten Sleman. Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu menjadi materi utama dalam kegiatan yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini. Penjelasan tentang tahapan pemilu, pemutakhiran data pemilih, kampanye, pemungutan dan penghitungan suara,  menjadi pemilih yang cerdas,rasional, dan bertanggungjawab turut pula disosialisasikan. (ikun).

 

Bagikan via media sosial