KPU Kabupaten Sleman Melaksanakan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pada Forum Warga Berbasis Keluarga “KPU Kabupaten Sleman Menyapa Kelompok Senam Ibu-Ibu Wonokerto Turi

Kamis, 26 April 2018

Keluarga merupakan unit terkecil dalama masyarakat selain itu keluarga juga menjadi salah satu agen sosialisasi yang paling mendasar bagi seseorang khususnya sosialisasi tentang pemilu.  Dalam satu lingkup keluarga diharapkan ada yang memiliki pengetahuan terkait pemilihan umum  dan  demokrasi  sehingga dapat menularkan pengetahuannya tersebut ke anggota keluarga yang lain. Selain sebagai agen sosialisasi, keluarga juga bisa menjadi kontrol untuk anggota keluarga yang lain sehingga dapat meminimalisir penyimpangan dalam proses pemilu. Atas dasar tersebut maka Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sleman melakukan Sosisalisai pendidikan pemilih pada forum warga berbasis keluarga dengan tema “KPU Kabupaten Sleman menyapa” Kelompok Senam Ibu-Ibu Wonokerto Turi yang dilaksanakan di Dusun Jambusari Wonokerto Turi Kabupaten Sleman yang diadakan pada Rabu (25/4) bertempat di Rumah Ibu Lina di RT 05.

Indah Sri Wulandari, SE., M.Sc selaku ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sleman sebagai narasumber, menyampaikan terkait dengan tahapan penyelenggaraan pemilu serentak 2019 serta ajakan untuk menjadi pemilih yang cerdas, rasional dan bertanggung jawab dan tak lupa juga ajakan untuk menolak golput dan money politics. Tahapan untuk Pemilu saat ini sudah masuk ke dalam tahapan pemutakhiran data pemilih dan para Pantarlih secara langsung mendatangi rumah setiap warga Sleman untuk memastikan terdaftar sebagai pemilih, jadi diharapkan kepada warga masyarakat agar memberikan data yang benar agar data yang diperoleh Petugas Pantarlih akurat demi suksesnya Pemilu serentak Tahun 2019. Selain menyampaikan informasi tersebut, tim dari Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sleman juga membawa alat peraga pemilu berupa contoh surat suara dan alat untuk mencoblos surat suara serta memperagakan cara mencoblos agar suara yang diberikan tidak dianggap gugur.  Di akhir acara juga diselipkan pesan kepada peserta bahwa tahun ini adalah tahun politik, sehingga diharapkan warga berpartisipasi aktif dan tetap bisa menjalin toleransi antar warga sehingga penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019 dapat berjalan dengan tertib, lancar dan aman. (Ikun)

Bagikan via media sosial