SOSIALIASI PENCALONAN ANGGOTA DPRD DAN PENGGUNAAN APLIKASI SILON OLEH KPU KABUPATEN SLEMAN

Jumat, 08 Juni 2018

KPU Kabupaten Sleman menggelar sosialisasi pencalonan dan tata cara penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) untuk Pemilihan Umum Serentak tahun 2019 di Prima SR Hotel & Convention , Jalan Magelang Km.11, Tridadi, Sleman, Jumat (8/6/2018). Hadir dalam kegiatan tersebut, pimpinan SKPD yang  terkait di lingkungan pemerintahan Kabupaten Sleman  di antaranya yakni dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Panwaslu kabupaten Sleman, serta pengurus Partai politik di Kabupaten Sleman sebagai stakeholder.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Sleman, Ahmad Shidqi S.Th., M.Hum., menyampaikan terkait sosialisasi tata cara pendaftaran calon anggota DPRD perlu diperhatikan dengan seksama dikarenakan apabila salah sedikit dalam melakukan input data calon maka dapat berakibat fatal bagi calon tersebut. Tahapan Pemilu saat ini sudah memasuki dalam tahapan pendaftaran calon anggota dewan, data caleg harus dimasukkan kedalam aplikasi Silon oleh operator dari masing-masing partai, hal ini berguna bagi KPU untuk mengkontrol pelaksanaan tahapan yang menjunjung sistem transparansi dan akuntabilitas untuk publik.

Ketua Divisi Teknis KPU DIY, Dr. Guno Tri Tjahjoko, M.A sebagai narasumber menjelaskan aplikasi Silon selain dapat digunakan untuk mengontrol seluruh calon legislatif yang telah terdaftar, juga dapat memberikan berbagai informasi terkait pengecekan calon legislatif dalam berbagai hal, di antaranya terkait dengan data 30 persen keterwakilan perempuan, kelengkapan berkas/syarat dokumen dan kegandaan bakal calon, selain itu melalui aplikasi Silon tersebut KPU RI juga dapat melihat apa yang diusulkan oleh partai politik di tingkat kabupaten dan provinsi sehingga dapat dikontrol.  Narasumber Sesi terakhir adalah Kasubbag Divisi Teknis dan Hubmas KPU Kabupaten Sleman Yuyud Futrama S.E., M.M menyampaikan materi terkait teknis penggunaan dalam aplikasi Silon, beliau juga mempraktekan kepada operator dari masing-masing partai tentang cara upload dokumen dan persyaratan lainnya kedalam aplikasi agar tidak terjadi kesalahan dalam proses input datanya. (ikun).

Bagikan via media sosial