KPU KABUPATEN SLEMAN BEKERJA SAMA DENGAN YAYASAN SATUNAMA MENGGELAR KURSUS KEPEMILUAN BAGI GENERASI MUDA

Kamis, 06 September 2018

Sleman– Kamis (6/9/2018) pukul 09.00 WIB, dalam rangka menumbuhkan peran aktif masyarakat dan menyegarkan kembali kesadaran berdemokrasi melalui pemilu serentak tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Yayasan SATUNAMA menyelenggarakan kursus kepemiluan bagi generasi muda. Kursus kepemiluan yang dibagi dalam gelombang tiga gelombang ini dilaksanakan dari tanggal 4 - 6 September 2018 bertempat di Aula SATUNAMA Training Center, Sambisari 99 Sendangadi, Sleman. Kursus diikuti 20 orang per gelombang, adapun pesertanya dari pengurus dan anggota karang taruna yang ada di wilayah Kabupaten Sleman.

Giat ini dibuka oleh Direktur Eksekutif SATUNAMA, William E. Aipipidely. Dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa kursus ini sangat bermanfaat bagi generasi muda dalam proses membangun kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan politik, serta sebagai modal partisipasi sebagai penyelenggara pemilu karena setiap peserta kursus akan memperoleh sertifikat. Materi kursus yang pertama disampaikan oleh Kepala Unit Politik dan Demokrasi SATUNAMA, Kristina Viri yang membahas tentang demokrasi, asas pemilu, dan dasar partisipasi dalam pemilu.

Penyampaian materi kursus dilakukan dengan cara permainan dinamika kelompok yang dipandu oleh fasilitator SATUNAMA bidang riset dan pengelolaan pengetahuan, Ariwan K. Perdana. “Tujuannya agar peserta menikmati dan bisa menerima materi dengan mudah dan senantiasa bergembira, ” ujar Viri. “Penyaluran emosi dan ketegangan fisik melalui permainan merupakan persiapan yang baik untuk melakukan refleksi dan diskusi. Ada kenikmatan tersendiri dalam sebuah permainan, yang menarik untuk dicatat adalah bagaimana peserta berupaya membebaskan diri dari kegelisahan, ketakutan, dan rintangan manakala mereka dihadapkan pada suatu masalah dalam sebuah permainan. Begitu terlepas dari hambatan tersebut, dengan mudah mereka mengenali akar permasalahannya, ” lanjut Viri.

Pemateri berikutnya adalah Komisioner KPU Sleman Divisi SDM, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Indah Sri Wulandari yang berbicara tentang pemilu dan permasalahannya. Menurut Indah ada 2 hal penting yang perlu dipahami dalam partisipasi pemilu, yakni sosialisasi dan pendidikan pemilih.“Perlu dibedakan antara sosialisasi dengan pendidikan pemilih. Sosialisasi adalah proses penyampaian informasi tentang tahapan dan program penyelenggaraan pemilu, sedangkan pendidikan pemilih adalah proses penyampaian informasi kepada pemilih untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran pemilih, ” kata Indah Wulandari. Di akhir materi, peserta diajak bermain dengan permainan misteri card dan menyusun rencana tindak lanjut dengan diskusi kelompok yang dipandu oleh fasilitator. Sumber : Media Center Kabupaten Sleman.(ikun).

Bagikan via media sosial