SOSIALISASI PEMILU DAN PENDIDIKAN PEMILIH BERSAMA ORGANISASI DIFABEL DESA SENDANGADI MLATI SLEMAN

Senins, 01 2018

Organisasi Difabel Desa Sendangadi (ODDS) merupakan lembaga yang melingkupi kelompok difabel di Desa Sendangadi Mlati Sleman. Berbagai jenis penyandang difabel aktif dalam lembaga ini. Pertemuan rutin anggota kelompok ini diadakan setiap bulan dari rumah ke rumah pengurus serta anggota. Dalam setiap pertemuan rutin  ditampilkan materi-materi atau mengundang  berbagai narasumber untuk memberdayakan pengurus serta anggota.

 

Hari Sabtu, 29 September 2019, bertempat di Rumah Ruis, terselenggara pertemuan rutin ODDS dengan mengundang KPU Kabupaten Sleman sebagai pemateri. Kegiatan yang diikuti kurang lebih 30 orang ini  sekaligus merayakan ulang tahun Ruis yang ke 8. Indah Sri Wulandari selaku Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Sleman memberikan materi tentang pemilu 2019, peran panyandang disabilitas dalam pemilu, dan menjadi pemilih yang cerdas, rasional, dan bertanggungjawab.

 

Pertemuan yang dihadiri pula pendamping penyandang disabilitas dari Kabupaten Sleman dan peneliti dari Universitas Negeri Yogyakarta ini mendiskusikan pula tentang bagaimana memperlakukan surat suara sehingga menjadi sah dan bentuk partisipasi aktif penyandang disabilitas dalam tahapan pemilu. Diharapkan dengan semakin banyaknya masyarakat yang berperan aktif dalam mensukseskan pemilu khususnya penyandang disabilitas di ODDS maka pemilu menjadi semakin berkualitas.(iwud)

Bagikan via media sosial