SINERGITAS KPI DIY BERSAMA KPU KABUPATEN SLEMAN DALAM PENDIDIKAN POLITIK PEREMPUAN

Senins, 22 2018

Partisipasi perempuan dalam proses pengambilan kebutuhan dan proses politik sebagai pemilih sangat penting. Hak setara perempuan dan laki-laki dalam kehidupan politik, ekonomi dan sosial serta non diskriminasi adalah prinsip hak asasi manusia yang sangat mendasar, dan harus dijunjung tinggi dalam pelaksanaannya. Pendidikan politik perempuan harus mengacu pada sasaran kemampuannya agar memiliki kesadaran  akan pentingnya kaum perempuan untuk menentukan hak pilihnya. Untuk memberikan bekal pendidikan politik kepada perempuan maka Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) wilayah DIY melaksanakan Pelatihan Pendidikan Pemilih bagi anggotanya yang ada di area program MAMPU dengan mengundang KPU Kabupaten Sleman sebagai nara sumber.

Indah Sri Wulandari selaku wakil dari KPU Kabupaten Sleman menyampaikan materi tentang Sistem Pemilu 2019 dan Permasalahannya dalam kegiatan yang terselenggara pada Jum’at, 19 Oktober 2018, bertempat di Dusun Bejen RT 2 RW 41 Desa  Ngemplak, Caturharjo, Sleman, dengan dihadiri kurang lebih 50 peserta.

Harapan dari pelatihan ini adalah meningkatkan kesadaran perempuan tentang peran-peran politiknya di wilayah publik, perempuan terlibat aktif dalam pengambilan keputusan dan penyelenggaraan kekuasaan politik, serta perempuan dapat menggunakan hak dan kewenangannya untuk menentukan hak pilihnya.(iwud)

Bagikan via media sosial