KPU KABUPATEN SLEMAN MENGGELAR SOSIALISASI PKPU NO 20 TAHUN 2018 DAN PENGAJUAN SYARAT BAKAL CALON DPRD KABUPATEN SLEMAN DALAM PEMILU 2019 DI GRHA SARINA VIDI

Kamis, 05 Juli 2018

KPU Kabupaten Sleman menggelar sosialisasi PKPU NO.20 Tahun 2018 Tentang Pencalonan  Anggota DPR, DPD DAN DPRD, Kamis 5 Juli 2018. Acara yang digelar di Grha Sarina Vidi yang dihadiri oleh Bawaslu, ketua dan perwakilan operator dari 16 Partai Politik di Kabupaten Sleman sebagai stakeholder  serta beberapa instansi / SKPD terkait di lingkungan Pemerindahan Kabupaten Sleman. Acara Sosialisasi dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Sleman  Bp. Ahmad Shidqi S.Thi, M.hum., dan dilanjutkan oleh Ketua Divisi Teknis KPU DIY Bp. Dr. Guno Tri Tjahjoko selaku narasumber.

Dalam sambutannya, Ahmad Shidqi menyampaikan  agar operator aplikasi silon dan penghubung partai (LO) yang menghadiri sosialisasi ini, diharapkan pro aktif dalam menanyakan hal – hal teknis yang terkait proses pengajuan bakal calon anggota DPRD Kabupaten Sleman, sehingga pada masa pelaksanaan pendaftaran, semua proses dapat dilalui dengan baik “ Untuk proses pendaftaran, nantinya yang berhubungan dan berkonsultasi dengan KPU hanya Penghubung Partai dan Operator Silon, sehingga diharapkan, keduanya nanti bisa menyampaikan informasi yang baik dan benar kepada tiap-tiap bakal calon dari partai masing-masing, sehingga nantinya tidak ada perbedaan persepsi pada saat proses pendaftaran khususnya mengenai kelengkapan berkas-berkas pendaftaran dan prosedurnya”.  Pak Ketua juga menambahkan agar semua persyaratan serta dokumen baik yang diunggah melalui aplikasi Silon maupun dokumen fisik yang nantinya akan diserahkan ke KPU dipersiapkan secara matang, hal ini untuk menghindari agar bakal calon nantinya tidak terganjal hanya karena terkendala masalah administrasi.

Ketua Divisi Teknis KPU DIY, Bp. Guno dalam pemaparannya menyampaikan masa pendaftaran berlangsung mulai tanggal 4 hingga 17 Juli 2018. Untuk jam pelayanan, tanggal 4-16 Juli pukul 08.00 – 16.00 WIB, sementara hari terakhir tanggal 17 Juli pukul 08.00 – 24.00 WIB. Kami berharap agar masing-masing partai bisa mengajukan pendaftaran bakal calon legislatifnya di awal-awal pendaftaran, sehingga jika ada kekurangan data untuk kelengkapan administrasi, bisa segera diperbaiki”, selain itu juga beliau menyarankan agar dalam penyerahan berkas pihak penghubung partai dapat berkoordinasi dahulu dengan KPU agar tidak terjadi kepadatan pada saat penyerahan berkas di kantor.

Acara sosialisasi lebih banyak diwarnai tanya jawab dan diskusi, khususnya seputar rumah sakit rujukan untuk mendapatkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani bagi bakal calon anggota legislatif serta standarisasi keabsahan legalisir beberapa berkas dimaksud dalam persayaratan bakal calon yang nantinya bakal diunggah di aplikasi (Ikun).

Bagikan via media sosial