Buku Hasil Pemilu 2014 di Kabupaten Sleman

Selasa, 07 Maret 2017

Assalaamu’alaikum wr. wb.
Salam Demokrasi.
Puji syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa atas segala karunia yang telah dilimpahkan kepada kita sehingga kita bisa menyelenggarakan pemilihan umum anggota DPR, DPD dan DPRD serta pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 di Kabupaten Sleman ini dengan damai, aman dan lancar. Semua itu tentu saja bukan semata-mata hasil keja KPU dan penyelenggara Pemilu lainnya, melainkan lebih dariitu juga berkat partisipasi dan bantuan semua pihak, seperti : Pemerintah Kab. Sleman, Polres Sleman, Kodim 0724 Sleman, Ormas, LSM, Perguruan Tinggi, kalangan media massa, serta seluruh warga Sleman.

Selanjutnya, sebagai bentuk pertanggung jawaban publik terhadap hasil Pemilu 2014 tersebut, maka KPU Kab. Sleman menerbitkan “Buku Hasil Pemilu 2014”. Buku ini merupakan kompilasi dari datadata serta dokumentasi menyangkut angka-angka yang dihasilkan dari keseluruhan proses dan tahapan Pemilu 2014. Karena sebagaimana kita maklumi bersama, secara substantif pemilu merupakan mekanisme bagi perwujudan kedaulatan rakyat, namun secara tekhnis, kedaulatan rakyat tersebut tetap harus bisa dikonversi menjadi angka-angka yang bisa diukur, seperti angka jumlah pemilih, alat kelengkapan pemilihan hingga pada angka hasil perolehan suara. Oleh karena itu, kekeliruan sedikitpun dalam penjumlahan angka dalam pemilu tidak bisa ditolerir karena hal tersebut bisa mengakibatkan hilangnya suara rakyat. Pada titik inilah angka dalam pemilu bukan sekedar menjadi instrumen “pelengkap”, melainkan lebih dari itu justru menjadi instrumen pokok yang harus bisa dipertanggungjawabkan secara transparan. Bagi peneliti, mahasiswa, maupun LSM, terbitnya buku ini tentu bisa menjadi referensi penting bagi studi kepemiluan di tingkat lokal. Sementara bagi penyelenggara pemilu, buku ini bisa menjadi bahan perbandingan bagi perkembangan sistem pemilu di tahun-tahun berikutnya. Sedangkan bagi masyarakat luas, buku ini tentu tetap bermanfaat, setidaknya sebagai dokumentasi dari pengejawantahan suara-suara rakyat (pemilih) dalam pemilu 2014.

Akhirnya, atas selesainya semua tahapan Pemilu 2014, baik pemilu legislatif maupun pemilu Presiden dan Wakil Presiden, KPU Kab. Sleman menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, baik itu pemerintah, aparat keamanan, tokoh masyarakat, tokoh agama, LSM, kaum muda, dan seluruh warga Sleman yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu di pengantar ini. Mari kita kawal terus demokratisasi di Sleman menuju bumi sembada yang sebenarnya. Amin.

Wassalaamu’alaikum wr. wb.

Ahmad Shidqi, M.Hum.

Untuk berkas lengkapnya dapat diunduh di sini

Bagikan via media sosial